Sabtu, 24 Agustus 2019 - 17:30:34 WIB - Dibaca : 186 Kali

Hadiri Dialog Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia Propinsi Riau

Keberagaman Suku, Bangsa dan Agama Modal Utama Pembangunan.

Editor: Nurhadi - Rep: Sumanto - Foto: Sumanto

BENGKALIS, HUMAS – Bupati Bengkalis di wakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan H. Indra Gunawan menghadiri acara Dialog Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia Propinsi Riau bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Di laut, Sabtu (24/8/19).

Dialog Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia Propinsi Riau ini diikuti sebanyak 40 orang peserta terdiri dari MUI Provinsi Riau, utusan MUI Kecamatan Se-Kabupaten Bengkalis dan perwakilan Ormas-Ormas Kabupaten Bengkalis.

Dalam sambutan Bupati yang di bacakan Staf Ahli H. Indara Gunawan, Indonesia negara yang luas dan penuh kemajemukan yang memiliki ratusan juta penduduk berbilang kaum dan suku bangsa. Masing-masing suku bangsa dan kelompok etnik tersebut memiliki latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda pula dan Perbedaan dalam kehidupan manusia merupakan anugrah dari Tuhan.

“Keberagaman suku bangsa dan agama tersebut merupakan modal utama yang akan menopang pembangunan nasional bagi penguatan ekonomi, politik dan kesejahteraan masyarakat. Sisi lain, keragaman suku bangsa, agama dan kelompok etnik ini, jika tidak dirawat dan dikelola dengan baik justru akan dijadikan pintu masuk bagi sebagian oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menciptakan gesekan-gesekan sosial, kegaduhan, pertikaian dan konflik dan akan mengancam persatuan dan kesatuan, keutuhan dan bahkan disintegrasi bangsa, " ungkap Indra.

Lebih lanjut Indra mengatakan Kampanye kerukunan antar umat beragama harus senantiasa di dengungkan dan di galakkan untuk mengantisipasi terjadinya pertikaian dan konflik di antara umat beragama.

Kegiatan dialog kerukunan umat beragama yang ditaja oleh MUI Propinsi Riau di Bengkalis ini adalah sebuah ikhtiar yang sangat baik sekali dan patut didukung.

“Ajaran Islam yang mengusung misi rahmatan lil’alamin sangat mendorong sekali agar terciptanya kedamaian dan kemaslahatan di tengah-tengah masyarakat, Perbedaan suku dan bangsa merupakan sesuatu yang bersifat sunatullah dan merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, ” ujar Indra.

Diakhir sambutannya indra menegaskan, Kenyataan sudah menunjukkan bahwa pertikaian dan kerusuhan antar kelompok berasal dari latar belakang suku dan agama. Pemerintah senantiasa mendorong dan berupaya semaksimal mungkin agar tatanan kehidupan masyarakat aman dan harmonis di tengah perbedaan suku dan agama senantiasa terjaga.

"Agar terwujudnya tujuan tersebut, perlunya dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak dan elemen masyarakat tertutama dari kalangan tokoh-tokoh agama termasuk dari MUI, melalui sinergisitas dari berbagai kalangan masyarakat, kehidupan yang rukun dan damai tetap harus dipertahankan, ” Pungkasnya.

Tampak Hadir Pada Acara Tersebut, Ketua Umum MUI Provinsi Riau Bapak PROF. DR. H. M. Nazir karim, MA, Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto, kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Imam Hakim, Kepala Bagian Kesra Setda Bengkalis H. Hambali, Kaban Kesbangpol H. Hermanto Baran, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H. Amrizal dan Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ali Ambar.


Berita Lainnya

Tulis Komentar