Selasa, 17 September 2019 - 15:25:11 WIB - Dibaca : 220 Kali

Bengkalis Akan Ikuti TTG Tingkat Nasional di Bengkulu

Editor: Tim Humas - Rep: Tim Humas - Foto: Tim Humas

BENGKALIS, HUMAS - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI kembali laksanakan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-21 Tingkat Nasional Tahun 2019 pada 21-25 September 2019 mendatang.

Tahun ini Provinsi Bengkulu ditunjuk menjadi tuan rumah, InsyaAllah Pembukaan TTG ke-21 Tingkat Nasional ini akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Minggu (22/9/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melamu Kabid P2M Erdila Fitriyadi memaparkan, Kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi serta manfaatnya dalam rangka peningkatan mutu dan kuantitas produksi diberbagai sektor usaha.

Kemudian Erdila menambahkan, ajang TTG merupakan salah satu cara atau pendekatan yang ampuh dalam upaya mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat desa. Pemerintah Kabupaten Bengkalis, bersama OPD terkait Dinas PMD dapat dipastikan ambil bagian serta mamatangkan persiapan pada kegiatan TTG Tingkat Nasional Tahun 2019 yang dipusatkan di Sport Centre Pantai Panjang Kota Bengkulu itu.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan hadir dengan kekuatan penuh dan Alhamdulillah persiapan Kita sudah mencapai 90%. Baik boat/stand di lokasi acara serta dekorasi yang kita buat mudah-mudahan apa yang akan kita tampilkan akan memuaskan dan mendapatkan hasil maksimal," jelas Kabid P2M Erdila Fitriyadi.

Lebih lanjut Erdila mengatakan, pada ajang TTG yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, akan diadakan serangkain kegiatan pembukaan seperti gala diner. Hal itu guna menjamu tamu yang datang dari seluruh Indonesia.

"Dimana akan hadir Ketua DPRD Provinsi, Gubernur dan Bupati se-Indonesia, Kepala Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten seluruh Indonesia serta seluruh Inovator yang akan menunjukkan hasil temuannya terkait Teknologi tepat guna," tambahnya.

Sambungnya, keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam kegiatan tersebut, untuk menggali gagasan pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan penerapan dan pengembangan TTG dalam upaya pemberdayaan masyarakat dimasa kini dan masa mendatang.

Dinas PMD Kabupaten Bengkalis disamping menampilkan TTG dari masyarakat juga mempromosikan UMKM yang ada di masyarakat desa guna memberikan ruang kepada masyarakat desa yang akan mempromosikan produk UMKM seperti makanan, kerajinan tangan dan barang-barang kreatif lainnya akan tampilkan di stand Dinas PMD Kabupaten Bengkalis sebagai ajang promosi atas produksi hasil-hasil UMKM. 

"Kita juga memperkenalkan berbagai jenis Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam Event tingkat nasional itu, dengan tujuan sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat," tegasnya.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya Bupati Amril Mukminin dan Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni atas dukungan tersebut dan Insya Allah Bupati Bengkalis beserta Istri akan ikut langsung menghadiri kegiatan dimaksud.

"Dan kita berharap sepulangnya gelar TTG di Bengkulu nanti dapat mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di desa yang ada di Kabupaten Bengkalis ini," pungkasnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar