Jumat, 20 September 2019 - 19:10:38 WIB - Dibaca : 304 Kali

Bupati Dipakaikan Tanjak

Editor: Nurhadi - Rep: Tim Humas - Foto: Tim Humas
Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin Saat Pelaksanaan Perhelatan MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten Bengkalis, di astaka Simpang Jengkol Kecamatan Mandau, Jum'at (20/9/2019).

MANDAU, HUMAS – Ada yang istimewa pada pelaksanaan pawai ta’aruf sempena perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-44 Tingkat Kabupaten Bengkalis kali ini dikarenakan Bupati Bengkalis Amril Mukminin langsung dipasangkan tanjak oleh Camat Mandau Riki Rihardi, Jum'at (20/9/2019), di astaka Simpang Jengkol Kecamatan Mandau.

Tanjak yang dipasangkan kepada orang nomor satu di negeri junjungan tersebut merupakan hasil kerajinan masyarakat dibawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bengkalis.

Tanjak dianggap lambang kewibawaan di kalangan masyarakat Melayu. Semakin tinggi dan kompleks bentuknya, menunjukkan semakin tinggi pula status sosial si pemakainya, seperti tanjak yang dipasangkan kepada Bupati ini adalah tanjak yang diberi nama "Dendam tak sudah".

Tanjak dengan nama dendam tak sudah bukan berarti dendam yang diartikan dengan permusuhan, namun tanjak tersebut jika dipakai oleh Kepala Daerah atau orang nomor satu dalam sebuah negeri diartikan bahwa perjuangan mereka sebagai pimpinan belumlah sudah, tapi harus tetap diteruskan sebagai bentuk pertanggung jawabannya akan cinta tanah air.

Bupati Bengkalis tentunya mengucapkan terima kasih dan sangat mensupport sekali dikarenakan tanjak ini merupakan lambang leluhur kita terdahulu untuk terus kita kembangkan dan lestarikan.

“Kita ketahui budaya melayu itu tidak akan hilang di bumi, karena ada anak-anak melayu yang akan terus mempertahakan sekaligus melestarikan nya dan yang lebih membanggakan adalah akan terus menciptakan inovasi-inovasi dalam memajukan dan mengembangkan budaya Melayu ini kedepannya”, ujar Amril.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekretaris Dekrenasda Kabupaten Bengkalis Alfakhrurrozi menyampaikan bahwa Dekranasda terus mendukung dan melakukan pembinaan kepada para pengerajin-pengerajin di Kabupaten Bengkalis baik individu maupun koorporasi atau kelompok.

"Dekranasda Kabupaten Bengkalis terus membina para pengerajin kita apapun bentuk usaha kerajinannya untuk kita kembangkan, salah satunya pembuatan tanjak yang dikelola oleh pengerajin dari Kecamatan Bandar Laksamana," Ucap Razi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut menurut pria yang saat ini menjabat Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Bengkalis ini, bagi masyarakat yang berminat untuk membeli atau mengoleksi berbagai jenis tanjak dengan kualitas yang bagus tentunya, dapat datang ke Dekrenasda Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar