Selasa, 01 Oktober 2019 - 9:50:26 WIB - Dibaca : 216 Kali

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Wakapolres: Mari Bersatu Demi Tujuan Kejayaan Bangsa

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Nuratika - Foto: Sumanto
Teks foto: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Bengkalis, di Halaman Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (1/10/19).

BENGKALIS, HUMAS - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober diperingati secara serentak di seluruh Wilayah Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bengkalis. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan, di Halaman Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (1/10/19).

Mengambil tema Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia, Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Bengkalis, Kompol Setyawan SIK memimpin upacara diikuti oleh TNI, Polri, dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, ormas, para pelajar serta mahasiswa.

Tepat pukul 08.00 WIB, Komandan Upacara memberikan penghormatan umum dan laporan kepada Inspektur upacara bahwa upacara siap untuk dilaksanakan. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur upacara.

Pada kesempatan itu Wakapolres juga membacakan teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara. Dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah Undang-Undang Dasar 1945 dan menyanyikan lagu wajib yang dinyanyikan oleh tim aubade upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Kemudian pembacaan Ikrar oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam. Ikrar yang dibacakan menyebutkan bahwa sejak diproklamasikannya Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak rongrongan baik dari dalam maupun luar Negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan semangat kebersamaan, yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kita membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Upacara ditutup dengan pembacaan do’a serta penghormatan umum kepada Inspektur upacara.

Wakapolres Bengkalis kepada awak media usai apel Peringatan Hari Pancasila menuturkan bahwa untuk merakit kebersamaan dalam NKRI tidak semudah dibayangkan, karena tantangan kedepan semakin berat.

“Untuk itu, kita harus saling bahu membahu dan bersatu demi tujuan kejayaan bangsa, mari kita bergandeng tangan, bersilaturahmi dan jangan percaya berita hoaks yang akan memecah belah kita. Jangan lagi kisah masa lalu beradu domba terjadi kembali, semoga NKRI di Negeri ini tetap tegak berdiri,” kata Wakapolres.



Turut hadir pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ketua sementara DPRD Bengkalis, Khairul Umam, Mayor Arm Bismi Tambunan, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Haholongan, Staf Ahli Bupati Bidang Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Indra Gunawan, Ketua Pengadilan Agama, Khoiriyah Roihan, Camat Bengkalis, Ade Suwirman, Ketua LAM Bengkalis, H Tengku Zainuddin, dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar