Rabu, 30 Maret 2016 - 10:20:00 WIB - Dibaca : 1037 Kali

Bupati Bengkalis : Upaya 'Demit' Wujudkan Desa Melek IT

Teks foto: Bupati Amril Mukminin menyerahkan cendramata kepada Kadis Kominfo Riau Yogi Getri pada pembukaan Rakornis Kominfo Tahunan Provinsi Riau Tahun 2016 di di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Bengkalis, Rabu (30/3/2016) malam.

BENGKALIS, HUMAS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, mengatakan, di era globalisasi sekarang ini, informasi dan teknologi (IT) memiliki peran sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk bersaing dan dapat menjadi pemenang dalam era yang semakin kompetitif ini.

Karena itu, dalam Pasal 86 Undang-Undang (UU) No 6/2014 tentang Desa, diantaranya diamanatkan, desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa yang dikembangkan pemerintah dan pemerintah daerah.

Adapun sistem informasi desa yang wajib dikembangkan itu, kata mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini, meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.

"Artinya UU 6/2014 mengamanatkan, dengan melek IT, maka keberhasilan serta peningkatan kualitas jalannya pelayanan roda pemerintahan, pembangunan maupun pembinaan sosial kemasyarakatkan di sebuah desa dapat diakselerasi, bisa dipercepat," papar Amril.

Dia mengatakan itu, ketika membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tahunan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Riau tahun 2016.

Pembukaan Rakornis yang diikuti peserta kabupaten/kota se-Riau dan akan berlangsung dua hari itu, ditaja di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Wisma Daerah Sri Mahkota, Bengkalis, Rabu (30/3/2016) malam.

Masih kata Amril, dengan terwujudnya desa melek IT, akan terwujudnya masyarakat desa yang berbudaya informasi, masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan.

"Karena informasi yang ada, termasuk informasi tentang desa mereka sendiri, dengan mudah dapat mereka akses, kapan dan dimanapun. Begitu juga dengan masyarakat lain, dimanapun dan kapanpun mereka memerlukan informasi tentang desa tersebut, juga dengan mudah dapat mereka akses," ujarnya.

Kepada peserta Rakornis yang mengusung tema, “Dengan DeMIT atau Desa Melek IT, Membuka Keterbatasan Dunia” itu, Amril berharap setiap masalah dan tantangan yang dihadapi atau bakal dihadapi dalam mewujudkan DeMIT di Riau, benar-benar dapat dianalisis serta carikan solusi terbaik.

"Rakornis Tahunan Kominfo 2016 ini hendaknya dapat menghasilkan sebuah rumusan yang tepat dan implementatif dalam mempercepat terwujudnya DeMIT di Riau mengingat IT saat ini penting bagi masyarakat desa, karena menjadi dasar bagi tercapainya kehidupan yang lebih baik dan bermartabat, dapat mempercepat peningkatan tingkatan kesejahteraan mereka," harapnya.

Di kesempatan itu, Amril juga mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik di Pemprov Riau, kabupaten/kota se-Riau, serta seluruh stakeholder terkait, bahu membahu, bekerja sama serta saling bersinergi dan brkoordinasi dalam guna mempercepat terwujudnya desa-desa di Bumi Lancang Kuning ini yang melek IT.

Selain pejabat Kominfo kabupaten/kota se-Riau, Wakil Bupati Bengkalis H Muhammad, Kadis Kominfo Riau Yogi Getri, Kadishubkominfo Bengkalis H Jaafar Arif, hadir dalam pembukaan Rakornis itu, diantaranya Kasubdit Pelayanan Kewajiban Universal Direktorat Telekomunikasi Khusus Ditjen Penyelenggaran Pos dan Informatika Kemenkominfo, Marvels Situmorang.


Berita Lainnya

Tulis Komentar