Selasa, 07 Maret 2017 - 07:39:00 WIB - Dibaca : 1021 Kali

Tingkatkan Sektor Pariwisata, Gubri Buka Riau Art Camp Festival 2017 di Rupat Utara

Teks foto: Gubri H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Bupati Amril Mukminin dan pimpinan DPRD Kabupaten Bengkalis, Indra Gunawan memetik gambus tanda dibukanya Riau Art Camp 2017 di pantai Pesona Tanjung Lapin, Senin malam (6/3/2017)

TANJUNGMEDANG, HUMAS – Dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata berbasis budaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk pertama kalinya menggelar Riau Art Camp Festival (RACF) 2017, yang dipusatkan di pantai Pesona Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Senin malam (6/3/2017).

Disampaikan Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliadi Rachman, kegiatan ini sebagai salah satu langkah konkrit Pemprov Riau untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor utama.

"Kita tidak bisa terus menerus menggantungkan penghasilan dari minyak, karena kondisinya sudah tak menjanjikan lagi. Kini saatnya kita berbenah dengan menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Gubri yang akrab disapa Andi Rachman itu, saat membuka RACF 2017.

Guna mendukung komitmen tersebut, sambung Gubri, Pemprov Riau gencar mengadakan sejumlah event pariwisata yang mengandalkan daya tarik alam dan budaya sebagai daya tarik wisata, salah satunya event RACF 2017 yang digelar di pulau terluar Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyebutkan sektor pariwisata di Kabupaten Bengkalis sangat potensial namun harus mendapat dorongan dan kerjasama dari para pemangku kepentingan.

Diakui Amril, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis hingga saat ini akan terus mengembangkan berbagai objek wisata dan budaya yang ada di pulau Rupat. Sehingga mampu menarik wisatawan untuk berbondong-bondong mengunjungi pulau Rupat, sebagai salah satu pulau yang menjadi agenda wajib dikunjungi.

"Pengembangan wisata di Pulau Rupat, memang menjadi salah satu misi Kabupaten Bengkalis untuk lima tahun kedepan. Oleh karena itu, sebagai daerah destinasi utama di provinsi Riau, Pemkab Bengkalis terus berupaya untuk menyiapkan fasilitas dan infrastruktur yang ada,” ungkap orang nomor satu di wilayah berjuluk Negeri Junjungan tersebut.

Selain hadir untuk mengisi acara, Gubri juga merilis sebuah buku yang berjudul “Riau The Homeland of Melayu, Apa Mengapa Pariwisata Riau” dan penyerahan masterplan Pulau Rupat sebagai Kawasan Strategis Pengembangan Wisata Unggulan yang Berwawasan Lingkungan.

Dalam RACF 2017 masing-masing daerah menampilkan karya seni, berupa tarian, teater, ataupun pertunjukan musik. Salah satunya Zapin Api dari Pulau Rupat, yang memukau Gubri dan para penonton.


Berita Lainnya

Tulis Komentar