FLASHNEWS
BERITA TERKINI
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
BERITA TERPOPULER
Kamis, 24 Agustus 2017 | 6:44:17 WIB | Dibaca : 346 Kali

Brigjen Edy Nasution di Mata Sahabatnya:

Hj Umi Kalsum: “Edy Sosok Mudah Bergaul, Tidak Sombong”

Editor: Johansyah Syafri - Reporter: Haliyun Na'im - Fotografer: Indra Jaya
Hj Umi Kalsum: “Edy Sosok Mudah Bergaul, Tidak Sombong” Teks foto: Baliho ucapan selamat jalan kepada Brigjen Abdul Karim dan selamat datang serta bertugas di Danrem 031/Wirabima kepada Brigjen Edy Nasution di salah satu ruas jalan di kota Bengkalis yang dipasang Kodim 0303/Bengkalis.

BENGKALIS dan Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wirabima, Brigjen TNI H Edy Afrizal Natar Nasution, ibarat dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Tak mungkin saling meniadakan.

Pasalnya, di ibukota kabupaten berjuluk Negeri Junjungan inilah, Edy yang di lingkungan kerjanya dikenal sebagai perwira tinggi yang taat menjalankan ajaran agama Islam ini, memulai langka pertamanya dalam menjalani hidup ini.

Baginya, Bengkalis adalah “titik nol”. Tempat tangis pertamanya pecah. Karena memang di kota inilah ayah Dyan Getmi Andhiny, M Tangguh dan Surya Rizal Perkasa dilahirkan, sekitar 56 tahun silam. Tepatnya, 29 Mei 1961.

Tak sebatas itu, di Bengkalis juga suami Hj Suti Mulyati ini menyelesaikan pendidikannya sampai sekolah Menengah Pertama (SMP), sebelum melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas di Pekanbaru (1980).

Selain di madrasah, putra pasangan H Achmad Natar Nasution dan Hj Chairani Jadin yang asli Kabupaten Rokan Hulu ini menyelesaian pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri 1 Bengkalis (1974). Sedangkan untuk SMP di SMP Negeri 1 Bengkalis.

Karena tidak kurang 16 tahun mengikuti orang tuanya yang bertugas di Kantor Perdagangan Bengkalis, dia mempunyai banyak karib di Bengkalis. Salah satu teman sepermainannya waktu di SMP Negeri 1 Bengkalis adalah Hj Umi Kalsum.

Menurut Umi yang terakhir kali bertemu dengan Brigjen Edy sekitar setahun lalu dalam sebuah acara di Kota Dumai, mereka juga teman sekelas.

“Edy merupakan panggilan kami dan teman-temannya yang lain di Bengkalis. Beliau adalah sosok yang mudah bergaul dan tidak sombong. Tutur kata dan sikapnya lembut dan penyabar,” jelasnya, ketika ditemui di salah satu kedai kopi di kawasan jalan Jenderal Sudirman Bengkalis, Rabu (23/8/2017), kemarin.

Sifat lain yang tetap hangat dalam ingatan Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan Sekretariat iBengkalis ini dari mantan Inspektur Kodiklat TNI dan Inspektur umum Itjenad yang terhitung Selasa (15/8/2017) lalu resmi menjabat Danrem 031/Wirabima tersebut, adalah sikapnya yang suka membantu dan melindungi teman-temannya.

“Saya juga suka di lindunginya bila ada teman-teman lain yang menggangu,” kenang Umi, seraya mengatakan sama sekali tak menduga jika mantan Dandim 042/OKI (Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan) tersebut bakal “balek kampong”, menjadi Danrem 031/Wirabima.

Meskipun tidak begitu ingat lagi olahraga kesukaan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1984 itu, namun Umi tahu persis dimana “pangkalan” Edy dan teman-temannya dahulu. Yaitu di jalan Cemara, jalan pas di belakang kantor Bupati Bengkalis yang menghubungkan jalan Hang Tuah dan Karimun.

“Saat berkumpul bersama teman-teman, mereka sering menghabiskan waktu di lalan Cemara,. Dahulunya kantor Bupati Bengkalis sekarang adalah lapangan sepakbola. Di tribun lapangan itulah tempat mereka sering kumpul bareng,” kenang Umi.

Sebagai seorang sahabat, kata Umi, dia bersama teman-teman Edy lainnya, tentu merasa bangga anak watan Riau kelahiran Bengkalis itu bisa menjadi orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Darat di tanah lelulurnya, Bumi Lancang  Kuning.

Dikatakannya, sebenarnya sudah sejak lama teman-temannya di Bengkalis menggelar reuni bersama Edy yang pernah bertugas di luar negeri sebagai Pembinaan Atase Pertahan di India, Iran dan Pakistan (2007), Wasrik Atase Pertahanan di Jerman, Prancis, Inggris dan Spanyol (2010) dan Wasrik Atase Pertahanan di Washington DC, New York dan Brazilia (2014) tersebut.

“Sayangnya, karena kesibukan masing-masing, sampai saat ini belum terwujud. Mudah-mudahan setelah Edy menjadi Danrem 031/Wirabima asa lama itu kesampaian. Lebih baik lagi kalau dilakukan di Bengkalis. Seperti saat beliau melakukan kunjungan kerja ke sini,” Umi mengutarakan azamnya, seraya mengatakan saat di Bengkalis, Edy dan keluarganya tinggal di jalan Sri Pulau. Kira-kira 100 meter dari SD Negeri 1 Bengkalis ke arah surau Sri Pulau.

Masih menurut istri H Rozali Saidun itu, di Pemkab Bengkalis ada beberapa orang teman sepermainan Edy. Diantaranya Haholongan (Staf Ahli Bupati Bengkalis) dan H Hermizon (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu.

Dia berharap dan mendoakan, dengan kepulangan Edy ke Riau sebagai Danrem 031/Wirabima, membuat Riau semakin aman dan kondusif.

Hari, Kamis (24/8/2017) di Pekanbaru dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) antara Birgjen Edy dari Brigjen Abdul Karim yang langsung dipimpin Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri.

Sertijab ini dilakukan setelah terbitnya surat keputusan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Nomor Kep/540/VII/2017.

Dalam keputusan itu, Brigjen Abdul Karim bergeser menjadi Kepala Dinas Peningkatan Mental Angkatan Darat (Kadisbintalad) Mabes TNI AD.

“Sebagai sahabat, kami juga diundang pada kegiatan malam pisa sambutnya. Namun karena kesibukan kegiatan kedinasan dan persiapan pelantik Kepala Desa se-Kabupaten Bengkalis pada 28-31 Agustus mendatang, kami tak bisa hadir,” jelas Umi seraya mengucapkan terima kasih atas jemputan tersebut kepada Brigjen Edy.

Berikut data lengkap Brigjen TNI Edy Nasution yang berhasil dirangkum Bgian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis.

Edy Nasution merupakan lulusan Akabri Darat tahun 1984 dan Seskoad 1998.

Berbagai jabatan pernah disandangnya seperti Komandan Batalyoin 515/Kostrad (1998), Kasi Ops Korem 041/Games (2000), Komandan Kodim 0402/OKI (2001) di Ogan Komering Ilir (Sumatera Selatan), Inspektur Madya Iltjen TNI (2003), Sespri Irjen TNI (2005), dan Kabag Anev Itjen TNI (2012).

Selain itu dia  juga pernah menyandang Inspektur Utama Itjen TNI (2010), Sekretaris Itjen TNI (2012), Inspektur Koditlat TNI (2015) dan Inspektur Umum Itjenad (2015).

Dia juga pernah mendapatkan penugasan luar negeri seperti India, Iran, Pakistan pada Pembinaan Atase Pertahanan tahun 200, selain itu ke Jerman, Prancis, Inggris, Spanyol tahun 2010, dan Amerika Serikat dan Brazil tahun 2014.

Brigjen Edy Nasution tiba di Pekanbaru pada Rabu (16/8/2017) lalu. Kedatangannya langsung disambut akrab oleh Danrem 031 Wirabima yang berakhir masa tugasnya Brigjen TNI Abdul Karim, Wakil Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim dan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain di VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarik Kasim II Pekanbaru.*** (Haliyun Na’im).

 

 

[Ikuti Terus Humas Bengkalis Melalui Sosial Media]







Humas Bengkalis
di Google+



Humas Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar