FLASHNEWS
BERITA TERKINI
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
BERITA TERPOPULER
Sabtu, 27 Januari 2018 | 18:47:05 WIB | Dibaca : 259 Kali

Buka KMD Kartir Ranting Mandau

Ketua Kwarcab Bengkalis: KMD Adalah Wahana Strategis Pembina Berkualitas

Editor: TIm Humas - Reporter: TIm Humas - Fotografer: TIm Humas
Ketua Kwarcab Bengkalis:  KMD Adalah Wahana Strategis Pembina Berkualitas Teks foto: H Muhammad Fadhli saat berfoto bersama dengan peserta KMD Kwartir Ranting Mandau, Sabtu (27/1/2018) siang.

 

MANDAU, HUMAS – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Bengkalis, diwakili Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Pramuka Peduli Kwarcab Bengkalis H Muhammad Fadhli, secara resmi membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwartir Ranting Mandau, bertempat di Bumi Perkemahan Gugus Depan (Gudep) Cendana Komplek Sago Duri, Sabtu (27/1/2018) siang.

KMD tersebut diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari 8 putra dan 24 putri, dan berlangsung selama empat hari, terhitung tanggal 27 s/d 31 Januari 2018.

Pada kesempatan itu Fadhli mengatakan, KMD merupakan wahana strategis untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas khususnya untuk tingkat dasar sebagai awal tugas sebagai pembina pramuka.

“KMD bertujuan untuk melatih pembina pramuka yang ada di Gudep. Dengan KMD ini akan didapat pembina yang terlatih, untuk melatih pramuka sehingga sesuai dengan tujuan pramuka yaitu guna membentuk karakter pemuda bangsa,   agar lebih beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik,  kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir serta kreatif dalam mengatasi permasalahan,” imbuhnya.

Fadhli juga menuturkan, permasalahan bangsa sekarang ini sangat komplek, narkoba, penyakit masyarakat, minumankeras, pergaulan bebas dan yang terbaru masalah LGBT. Untuk solusinya adalah dengan ikut kegiatan pramuka, Karena dengan ikut pramuka dapat membentuk karakter anak bangsa yang tangguh.

“Dalam pramuka juga diajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, misalnya jika tersesat di hutan, survivel atau bertahan hidup dengan peralatan ala kadarnya, seperti tali,  kompas dan peta, memahami tanda-tanda alam,  dan cara membuat tenda/bivak. Tongkat dan benda-benda lain semua bisa dimanfaatkan oleh anak-anak pramuka. Pramuka juga mengajarkan cara berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Bersedia dipimpin dan adakalanya siap ditunjuk menjadi pemimpin.” ujarnya.

Pada akhir sambutannya, Fadhli yang juga Kabag Humas Sekretariat Daerah Bengkalis itu berharap, agar semua peserta KMD ini dapat mengikutinya dengan serius sehingga memiliki bekal untuk mendidik para anggota pramuka di gudepnya masing-masing.

 

 

[Ikuti Terus Humas Bengkalis Melalui Sosial Media]







Humas Bengkalis
di Google+



Humas Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar