Minggu, 11 Februari 2018 - 18:16:20 WIB - Dibaca : 415 Kali

Provinsi Riau Jadi Tuan Rumah Hakteknas ke-23:

Bupati Bengkalis Optimis Hakteknas Berlangsung Sukses

Editor: Nurhadi - Rep: Khaidir - Foto: Sudiyo
Teks foto: Bupati Bengkalis saat menghadiri acara Launching Hakteknas, bertempat di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi RIau, Sabtu (10/2/2018) pagi

PEKANBARU, HUMAS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mendukung peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 tahun 2018, di Provinsi Riau, tepatnya di Kota Pekanbaru pada 10 Agustus 2018 mendatang dan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menghadiri acara launching Hakteknas Tahun 2018 bertempat di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Sabtu (10/2/2018) malam.

Dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) Muhammad Nasir, Pejabat Eselon 1 di lingkungan Kementrian Ristek Dikti,  Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Wakil gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, dan Kapolda Riau Brigjen Pol Nandang, serta Bupati/Wali Kota se-Provinsi Riau.

Pembukaan launching Hakteknas tersebut ditandai dengan penabuhan kompang oleh Menteri Ristek Dikti, Dirjen Penguatan Inovasi, Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau.

Adapun tema yang akan diusung pada peringatan Hakteknas ke-23, yakni ‘inovasi untuk kemandirian pangan dan energi’. Hal tersebut diusung karena Provinsi Riau merupakan salah satu Provinsi yang memiliki tekad tinggi untuk memajukan bidang pangan baik pada tingkat Nasional maupun Internasional.

Menteri Risek Dikti dalam sambutannya mengatakan, pada tahun 2017 lalu, tepatnya pada puncak peringatan Hakteknas yang ke-22, diselenggarakan di Sulawesi Selatan, tepatnya di Makassar, dan untuk kali ini akan diselenggarakan di Provinsi Riau.

“Peringatan Puncak hari Hakteknas ke-23 ini akan diselenggarakan di Provinsi Riau di Kota Pekanbaru, dan ini merupakan peringatan yang pertama kali di gelar di Pulau Sumatera,” ujar Muhammad Nasir yang langsung disambut dengan tepuk tangan yang gemuruh.

Masih kata Muhammad Nasir, dengan adanya Hakteknas dan dibentuknya sistem inovasi nasional, dia berharap disetiap daerah di Indonesia khususnya Provinsi Riau memilki  sistem inovasi daerah.

“Apalagi Provinsi Riau yang telah juara menjadi pundipura sistem inovasi Daerah. Dengan diraihnya keberhasilan tersebut, diharapkan dapat menjadi sebuah dorongan dan motivasi untuk mengembangkan penelitian di Provinsi Riau kedepannya,” ujar Nasir.

Pada akhir sambutannya dia berharap kepada seluruh Jajaran Pemerintah Provinsi Riau untuk mensukseskan puncak Hakteknas ini,.

“untuk mensukseskannya kami berharap untuk menjalankan komunikasi dengan baik antar Pemerintah Provinsi dan Daerah yang ada di Riau ini agar tiap tahunnya bisa terlihat berbeda, serta makin sukses kedepannya,”  harapnya.

Sementara itu, Gubernur Riau dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dipercayainya Provinsi Riau sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan hari puncak Hakteknas itu.
“Mari sama-sama kita bersama untuk mensukseskan Hakteknas ini,” imbuh Gubri yang biasa disapa Bang Andi Rachman.

Senada dengan Gubernur Riau Bupati Bengkalis mengapresiasi dan Optimis bahwa kegiatan tersebut bisa berlangsung sukses di daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning ini.

"Dengan Ditunjuknya Provinsi Riau sebagai tuan rumah Hakteknas merupakan satu kebanggaan dan kehormatan bagi kita. Tentunya kami yakin dan percaya Provinsi Riau akan menjadi tuan rumah yang baik dan akan berlangsung sukses" kata mantan kepala Desa Muara Basung usai menghadiri acara Hakteknas tersebut.

Turut hadir mendapingingi Bupati  pada acara tersebut Pelaksana Tuas (Plt) Sekretaris Daerah Bengkalis  Arianto, Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis Emri Juli Harnis, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Yulelmi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jondi Bustian, Plt Kepala Dinas Pendidikan Edi Sakura.


Berita Lainnya

Tulis Komentar