Minggu, 22 April 2018 - 18:57:49 WIB - Dibaca : 523 Kali

Bupati Bengkalis Hadiri Pengukuhan DPD dan DPU Apkasindo Kabupaten Bengkalis

Editor: Nurhadi - Rep: Khaidir - Foto: Dewi
Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menghadiri acara Pengukuhan dan Pelantikan Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Bengkalis Periode 2016-2021 dan Pelantikan Ketua DPU Apkasindo se-Kabupaten Bengkalis bertempat di Ballroom Hotel Surya Duri, Minggu (22/4/2018)

DURI, HUMAS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghadiri acara Pengukuhan dan Pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Apkasindo Kabupaten Bengkalis Periode 2016-2021 dan Pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Unit (DPU) Apkasindo se-Kabupaten Bengkalis bertempat di Ballroom Hotel Surya Duri, Minggu (22/4/2018) siang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Provinsi Riau, yang diwakili oleh Wakil Ketua I Sismeidinata dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bengkalis yang telah berkenan hadir pada kegiatan ini, dengan harapan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dapat melakukan pembinaan serta bimbingan kepada para pengurus DPD dan DPU Apkasindo Kabupaten Bengkalis agar perekonomian para petani sawit dapat meningkat dari segi kualitas maupun kuantitas. 

Sementara itu Bupati Bengkalis dalam sambutanya, mengucapkan selamat kepada pengurus DPD dan DPU asosiasi petani kelapa sawit Kabupaten Bengkalis, semoga para pengurus yang telah dikukuhkan dapat menjalankan tugas dengan baik, serta dapat mengayomi petani kelapa sawit dalam memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit di Kabupaten Bengkalis.

Lanjutnya lagi dia menghimbau agar Apkasindo dapat membantu serta mempersiapkan petani kelapa sawit yang berkualitas di Kabupaten Bengkalis, sehingga menjadi petani yang mandiri dan profesional serta mampu bersaing dalam era globalisasi, serta menjembatani kepentingan masyarakat petani kelapa sawit, pengusaha dan pemerintah dengan tidak merugikan mana-mana pihak.

“Ada beberapa alasan kenapa Pemerintah Daerah mengutamakan kelapa sawit sebagai komoditas utama, antara lain:  Pertama, dari segi fisik dan lingkungan keadaan daerah Riau khususnya Kabupaten Bengkalis  memungkinkan bagi pengembangan perkebunan kelapa sawit. Kondisi daerah Riau yang relatif datar memudahkan dalam pengelolaan dan dapat menekan biaya produksi,” ucap orang nomor satu di daerah yang memiliki ikon Ikan Terubuk itu.

Kedua lanjut Amril, kondisi tanah yang memungkinkan untuk ditanami kelapa sawit menghasilkan produksi lebih tinggi dibandingkan daerah lain.  Ketiga, dari segi pemasaran hasil produksi daerah Riau mempunyai keuntungan, karena letaknya yang strategis dengan pasar internasional yaitu Singapura.

“Kemudian keempat, daerah Riau merupakan daerah pengembangan Indonesia bagian barat dengan dibukanya kerjasama indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (ims-gt) dan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (imt-gt), berarti terbuka peluang pasar yang lebih menguntungkan,” ucap Bupati.

“Terakhir, kelapa sawit memberikan pendapatan yang lebih tinggi kepada petani dibandingkan dengan jenis tanaman perkebunan lainnya, tentu akan memberikan dampak positif bagi masyarakat di daerah sekitarnya.” tutupnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Bengkalis pada Kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Riau Bagus Santoso, Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Rianto dan Fransiska Sinambela, Asisten I dan II Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum dan H. Heri Indra Putra. 

Kemudian Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Mandau Basuki Rakhmad, Camat Pinggir Toharuddin, Camat Bathin Solapan Amiruddin, dan seluruh Pengurus DPD serta DPU Apkasindo Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar