Senin, 30 Juli 2018 - 17:18:29 WIB - Dibaca : 1460 Kali

Sempena Hari Jadi Bengkalis ke-506

Mengenang Kisah Datuk Laksamana Raja Di Laut

Editor: Yeni Mayasari - Rep: tim Humas - Foto: tim Humas
Teks foto: Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY berziarah ke makam Datuk Laksamana Raja Dilaut sempena Hari Jadi Bengkalis ke-506, Senin (30/7), di Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu.

BUKIT BATU, HUMAS – Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H Bustami HY bersama tokoh adat dan masyarakat berziarah ke makam Datuk Laksamana Raja Dilaut sempena Hari Jadi Bengkalis ke-506, Senin (30/7), di Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu.

Sekda bersama rombongan berangkat ke tempat persemayaman terakhir pejuang Kabupaten Bengkalis ini dengan menyelusuri Selat Bengkalis menuju Sungai Bukit Batu. Perjalanan ini menapaktilas rute perjalanan yang sering dilalui Datuk Laksamana Raja Dilaut semasa hidupnya.

Diungkapkan Bustami,  kisah datuk laksamana raja di laut sekarang ini membahana di mana-mana,  salah satu biduwanita anak watan bengkalis Iyeth Bustami telah mempopulerkannya melalui syair-syairnya, namun sebagian dari kita banyak yang kurang mengerti sejarah datuk penjaga pesisir selat malaka tersebut. Bahkan mungkin ada yang belum tahu tokoh ini adalah nyata bukan sebuah fiksi, yang hidup dan menjadi bagian penting dari kokoh berdirinya kerajaan melayu siak Sri Indrapura pada masa dahulu.

“Melalui Kegiatan ziarah ke makam datuk laksamana raja dilaut ini, merupakan upaya untuk flashback  kembali terhadap kejadian masa lalu, sekaligus untuk mengenang   perjuangan pahlawan bangsa melayu terdahulu yakni Datuk Laksamana,” ujar Bustami.

Bustami mengatakan, pesan moral dan hikmah yang harus dipetik melalui ziarah ini adalah untuk mengingatkan kembali jati diri kita seyogiyanya sejarah yang dicatatkan Datuk Laksamana Raja Dilaut ini, menjadi tempat bertanya, apakah yang hari ini kita laksanakan menjadi bagian negeri ini dan akan menjadi bagian sejarah Bengkalis, apakah kita  sudah berbuat maksimal dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi negeri berjuluk negeri terubuk.

Dalam sambutan encik Oka Burhan salah satu Ahli Waris dari salah satu keluarga Datuk Laksamana Raja Dilaut, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Bengkalis atas terlaksananya kunjungan tiap tahunnya.

"Kami sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah karena telah menjaga warisan leluhur dengan mengalokasikan anggaran daerah untuk perawatan makam dan rumah Datuk kami" ujar ahli waris.

Turut hadir dan meramaikan acara tersebut, Anggota DPRD dapil Bukit Batu dan Siak kecil Aisyah, Asisten Pemerintahan Umi Kalsum, Asisten Administrasi Umum Tengku Ilyas, Camat Bukit Batu Juliadi, Camat Siak Kecil Fahlul Majdi, Kepala Desa Suka Jadi Izhar Safawi dan masyarakat Desa Bukit Batu.
 


Berita Lainnya

Tulis Komentar