Minggu, 16 September 2018 - 19:49:12 WIB - Dibaca : 533 Kali

Pengukuhan DPC Asosiasi Ahli Tata Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia (KATALIA)

Bupati Bengkalis Ucapkan Selamat dan Tahniah

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Herma Safitri - Foto: Melda Silfa
Teks foto: Asisten Pemerintahan Hj. Umi Kalsum saat berfoto bersama Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Ahli Tata Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia (KATALIA) Kabupaten Bengkalis Periode 2018 - 2023

BENGKALIS, HUMAS – Bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, telah dilaksanakan pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Ahli Tata Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia (KATALIA) Kabupaten Bengkalis Periode 2018 - 2023, Minggu (16/9) Pagi.

Pengukuhan Ketua dan Pengurus dilantik langsung oleh Ketua DPD KATALIA Provinsi Riau, Iswanar. disaksikan Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan Hj. Umi Kalsum.

Selain Itu tampak hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Provinsi Riau Abdul Vattah Hasyim Harahap, Ketua LAMR Bengkalis, Tengku H Zainuddin Yusuf, Ketua PMB M Sabli Affandi.

Dalam Sambutan Bupati Bengkalis yang di bacakan Asisten Pemerintahan Hj. Umi Kalsum mengatakan, Dewasa ini tata rias penggantin  telah berkembang, banyak mengalami perubahan dan modifikasi. Akibatnya nilai-nilai adat melayu mulai tergerus oleh perkembangan zaman. Dalam pertumbuhan tata rias pengantin di Kabupaten Bengkalis yang merupakan basis budaya melayu di Riau juga  mulai berubah.

Lanjutnya, perubahan yang terjadi dalam penyelenggaran pernikahan baik dari segi tradisi upacara adat pernikahan, busana pengantin dan tata rias pengantin itu sendiri, terjadi pergeseran,  tidak hanya dipengaruhi oleh perkembangan zaman, tetapi juga penerapan adat dan budaya melayu yang masih setengah-setengah.

“Perubahan atau modifikasi perlu dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman dengan tetap memegang prinsip dan adat-istiadat di daerah kita agar adat melayu yang selama ini yang telah kita jaga dengan baik  tidak hilang ditelan zaman”. Ujar Umi.

“Melalui keberadaan organisasi KATALIA ini, dapat mendukung pelestarian budaya melayu di masyarakat Kabupaten Bengkalis dalam hal budaya tata rias pengantin, dalam menuju modernisasi dan modifikasi jangan terlalu menciptakan busana pengantin yang berkiblat dari budaya barat atau timur tengah, tetapi harus dapat mempertahankan ciri khas busana pengantin modern dan modifikasi dinegeri kita tanpa harus meninggalkan tata cara dan upacara rias pengantin negeri melayu, karena ini merupakan ciri khas daerah”. Harap Umi.

Kemudian Umi mengucapkan tahniah dan selamat serta memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Pengurus DPC Asosiasi Ahli Tata Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia (KATALIA) Kabupaten Bengkalis periode 2018–2023, yang baru saja dikukuhkan, kami yakin dan do’akan agar amanah yang diberikan, dapat ditunaikan dengan sebaik-baiknya dan mampu bersinergi bersama demi membangun Kabupaten Bengkalis yang lebih baik kedepannya.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar