Sabtu, 12 Januari 2019 - 22:30:51 WIB - Dibaca : 209 Kali

Dihadiri Bupati Bengkalis:

RSB Gelar Malam Sastra Peringati Peristiwa Perang Sosoh

Editor: Tim Humas - Rep: Sudiyo - Foto: Zahirman Agus
Teks foto: Haholongan saat membaca sambutan tertulis Bupati Bengkalis.

BENGKALIS, HUMAS – Rumah Sastra Bengkalis (RSB) menggelar malam sastra memperingati peristiwa bersejarah perang sosoh, sekaligus melaksanakan nonton bersama film dokumenter perang sosoh, bertempat di Warung Api, Jalan Antara Bengkalis, Sabtu (12/1/2019).

Sebelum pemutaran film perang sosoh, kegiatan yang berlangsung santai tersebut diawali dengan pembacaan puisi mengenai sejarah perang sosoh yang dibacakan oleh Junaidi Usman.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Haholongan saat membacakan sambutan tertulis Bupati Bengkalis mengatakan, pemutaran film perang sosoh tersebut, mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Bengkalis memiliki sejarah kelam pada 9 Januari tahun 1949, dan untuk mengingatkan generasi penerus  kita, agar tidak melupakan sejarah.

“Sudah saatnya generasi muda dikenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan maka kita pun akan di ajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme,” ucapnya.

Dikatakan Haholongan,  Kabupaten Bengkalis bisa merdeka  bukan hadiah dari provinsi dan juga bukan dari pemerintah pusat, tetapi hasil dari perjuangan yang sangat panjang.

Lebih lanjut, dia juga mengajak kepada sastrawan yang berkesempatan hadir pada saat itu agar dapat memberikan dukungan melalui tulisan untuk menjaga dan melestarikan sejarah perang sosoh tersebut.

“Karena kalau tidak dari kita sendiri, niscaya kedepan sejarah perang sosoh ini akan hilang dimakan zaman. Dan generasi penerus kita tidak akan mengetahui jasa-jasa diberikan oleh para pahlawan Desa Pedekik,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut, menurutnya kegaitan yang dilangsungkan RSB ini jarang sekali dijumpai di masyarakat.

Selain Staf Ahli Bupati dan Kapolres, juga hadir pada kesempatan itu, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Kapten Mudhoyo, Anggota DPRD Bengkalis Syaukani, mantan Wakil Bupati Bengkalis Reza Fahlevi, Ketua KONI Kabupaten Bengkalis yang merupakan Ketua RSB Bengkalis Darma Firdaus S, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Ketua DPH LAM Riau Kabupaten Bengkalis H. Sofyan Said, serta seniman di Bengkalis.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar