Jumat, 08 Februari 2019 - 21:20:03 WIB - Dibaca : 157 Kali

Selain Jaminan Kesehatan:

Pemerintah Kabupaten Bengkalis Akan Tanggung Biaya Keluarga Pendamping Pasien Yang Berobat Di Luar Daerah

Editor: Tim Humas - Rep: Pantau Riau.com - Foto: Tim Humas
Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menjenguk salah satu pasien di RSUD Kecamatan Mandau beberapa waktu lalu.

BENGKALIS, HUMAS Selain memberikan jaminan kesehatan terhadap masyarakat di Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis juga akan menanggung biaya keluarga pendamping pasien yang berobat di luar daerah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Heri Pratikno, Kamis (7/2/2019).

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga membantu pembiayaan bagi pendamping pasien peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD yang akan melakukan pengobatan ke luar daerah seperti di Jakarta, ataupun Pekanbaru.

“Adapun biaya yang disediakan mencakup biaya transportasi, biaya makan minum dan akomodasi/penginapan untuk pendamping pasien. Bantuan biaya untuk pendamping pasien ini merupakan tindak lanjut dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Masih kata Pratikno, dengan adanya program ini, dapat membantu masyarakat miskin, karena ketika pendamping/keluarga pasien mendampingi pasien keluar daerah secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa bekerja menghasilkan uang, disamping tentu biaya makan dan akomodasi pendamping tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah menyediakan rumah tunggu di Pekanbaru yang bisa digunakan pasien dan keluarga pasien dari keluarga miskin dan kurang mampu yang berobat ke Pekanbaru,” tuturnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar