Senin, 11 Februari 2019 - 20:32:40 WIB - Dibaca : 214 Kali

Tindak Lanjuti Arahan Kepala Staf Kepresidenan dan Menteri Dalam Negeri:

Humas Setda Bengkalis Siap Informasikan Perkembangan Pembangunan Daerah Untuk Masyarakat

Editor: Muhammad Fadhli - Rep: Tim Humas - Foto: Tim Humas

JAKARTA, HUMAS - Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis  Muhammad Fadhli bersama Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Bengkalis Maryansyah Oemar menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kehumasan dan Hukum tahun 2019, bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Rakornas yang melibatkan pejabat bidang Humas dan Hukum tersebut dihadiri oleh 514 Kabupaten dan 34 Provinsi, dimana Rakornas tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Kepala Staf Kepresidenan dalam sambutannya mengatakan, Rakornas yang ditaja oleh Kementerian Dalam Negeri ini sangat penting dalam mewujudkan kondisi aman, tertib, dan kondusif, mengingat dalam waktu dekat ini, pesta demokrasi besar, akan segera berlangsung.

"Berhasil tidaknya pesta demokrasi ini, tergantung dari pemerintahan setempat, karena pemerintah punya peran besar disini," ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Panglima TNI tersebut juga menginginkan kepada Pejabat Humas dan Hukum se-Indonesia yang hadir kala itu, agar bisa menyampaikan capaian strategis kepada masyarakat.

Menurutnya, Bagian Humas perlu menyampaikan informasi yang mengalir baik dari tingkat pusat, hingga ke daerah melalui narasi besar, agar bisa sampai kepada masyarakat yang paling bawah.

"Yang terpenting disini adalah, Humas harus bisa menjauhi berita fitnah, hoax, dan ujaran kebencian, apalagi berita yang didominasikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, jangan sampai terjadi, "tuturnya.

Sementara itu, Mendagri sebelum menghadiri acara tersebut berpesan kepada rekan Humas agar tidak hanya meliput dan mendokumentasikan kegiatan daerah saja, melainkan juga harus menjadi juru bicara daerah tersebut.

"Siapapun Presidennya, Gubernurnya maupun Bupati Walikotanya, Humas harus tetap menjalankan apa yang telah dijalankan pemerintah. Termasuk bagian hukum juga harus turut memberikan masukan yang konstruktif," ujarnya.

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis mengatakan siap untuk melaksanakan apa yang diminta oleh Kepala Staf Kepresidenan maupun Menteri Dalam Negeri.

"Kita (Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat) harus bersinergi, dalam mewujudkan Indonesia yang damai, makmur dan sejahtera," ujarnya.

Disamping itu, dia mengatakan Humas juga akan terus dan tidak berhenti khususnya dalam memberikan informasi tentang perkembangan pembangunan daerah kepada masyarakat.

"Karena itu merupakan tugas kita (bagian humas) jadi kita wajib melakukannya, kalau tidak kita siapa lagi yang akan melakukannya, ini semua untuk keberlangsungan bangsa Indonesia maupun kabupaten yang memiliki ikon Ikan Terubuk ini lebih baik kedepannya," ungkap mantan Camat Siak Kecil tersebut.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar