Kamis, 21 Februari 2019 - 23:28:10 WIB - Dibaca : 403 Kali

Jejakkan Kaki di Riau, Gubernur dan Wakil Gubernur di Tepuk Tepung Tawari Tokoh Adat

Editor: Nurhadi - Rep: Nuratika - Foto: Khaidir

PEKANBARU-HUMAS, Perdana menjejakkan kakinya di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau setelah sehari sebelumnya rabu (20/02) dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Jakarta,  Syamsuar dan Edi Natar langsung disambut dengan upacara adat oleh tokoh dan masyarakat adat Riau bertempat di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau Provinsi Riau Jl. Diponegoro Pekanbaru (21/02) sore.

Ketibaan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada pukul 17.00 Wib, disambut meriah dengan arakan kompang mulai dari gerbang pintu masuk Balai Adat LAMR Riau setelah itu disambut pula dengan silat dilanjutkan dengan penyambutan adat memasuki pintu Balai Adat LAMR Riau.

Kehadiran orang nomor satu dan nomor dua di Provinsi Riau ini disambut langsung oleh Ketua Umum MKA LAMR Riau Datuk Seri Al Azhar didampingi Ketua Umum DPH LAMR Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar dan jajaran pengurus LAMR Riau lainnya.

Ikut hadir menyambut Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Bupati Bengkalis yang diwakili oleh Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Hj. Umi Kalsum, turut serta Ketua Umum MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri Zainuddin Yusuf, Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri H. Sofyan Said dan Sekretaris Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Ali Muzar.

Tampak juga hadir beberapa tokoh masyarakat Riau diantaranya H.Saleh Djasit, H.Mambang Mit, H.Wan Thamrin Hasyim, H Wan Abu Bakar, H.Rifa’I Rahman hadir juga Bupati/Walikota Se Provinsi Riau diantaranya Bupati Indragiri Hilir H.M Wardan, Bupati Kuantan Sengingi Mursini, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Selanjutnya tampak juga Tengku Besar Kerajaan Pelalawan H.Kamaruddin Harun, Sulthan Kerajaan Gunung Sailan Tengku.H.Nizar, Ketua Kekerabatan Resam Keluarga Kerajaan Siak Tengku Mukhtar Anom, Ketua Perhimpunan Resam Keluarga Kerajaan Indragiri H.Raja Maizar Mit serta Tokoh Agama Riau DR.Mustafa Umar.Lc.MA.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPH LAMR Riau Datuk Syahril Abu Bakar menyampaikan ucapan selamat dan tahniah kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang baru dilantik.

‘Alhamdulillah, kita telah memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang baru, dan kami yakin dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang baru ini akan memberikan perhatian yang besar terhadap perkembangan bumi melayu yang kita cintai ini.’ Ujar Syahril.

Selanjutnya beliau juga mengharapkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang baru dapat kiranya melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh Gubernur terdahulu, seperti implementasi Inpres nomor 86 tahun 2018 tentang tanah ulayat, Inpres nomor 10 tahun 2018 tentang penataan kebun sawit, begitu juga pelaksanaan muatan local yang sudah di Perda dan di Pergubkan serta blok rokan yang akan dikelola oleh Pertamina dan Perusahaan Daerah.

‘kami juga senantiasa berdo’a dan mendukung penuh seluruh program yang akan dilaksanakan oleh Bapak Syamsuar dan Edi Natar Nasution demi menuju Riau yang lebih baik.’ Pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Riau H.Syamsuar diawal pengarahannya mengharapkan dukungan serta do’a seluruh unsur dan masyarakat Provinsi Riau agar beliau dapat menalankan amanah ini dengan jujur, amanah serta adil.

‘Harapan kami tentunya dukungan serta do’a Datuk-Datuk pemangku adat, tokoh masyarakat, tokoh agama agar kami dapat melaksanakan pekerjaan ini dengan jujur, amanah serta adil, kami siap santun dan beradaptasi dengan seluruh ras dan suku yang ada serta mari kita berdo’a agar Riau dihapuskan dari segala musibah. Harap Syamsuar,

Mantan Bupati Siak tersebut juga menyampaikan diakhir sambutannya agar masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh wanita, tokoh pemuda, alim ulama, cerdik pandai jika nantinya kami salah dalam melangkah tegur dan ingatkan kami agar kami tidak jauh melangkah dalam perbuatan buruk. Dan kedepan kami sudah memiliki rencana dengan Wakil Gubernur akan membuatkan grand design kebudayaan melayu di Riau ini.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar