Senin, 25 Februari 2019 - 11:15:17 WIB - Dibaca : 196 Kali

Buka Capacity Building Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis

DWP Kabupaten Bengkalis Ibarat Sebatang Pohon Kokoh yang Saling Melengkapi

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Dessy Mertalina dan Sifawati - Foto: Nuratika dan Hj Astina

BENGKALIS, HUMAS- Mewakili Bupati Bengkalis, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Bustami HY membuka kegiatan Capacity Building Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis, Senin (25/2) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut.

Dalam sambutannya H Bustami mengatkan sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), DWP telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar, yang telah diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan program kerja organisasi secara terstruktur, sehingga mencapai kinerja seperti saat ini.

“Namun demikian, harus kita akui bersama bahwa perkembangan organisasi DWP belum sepenuhnya sesuai dengan yang kita harapkan dan masih banyak hal-hal yang harus ditingkatkan terus untuk mencapai terwujudnya tujuan organisasi DWP sebagai center of excellence,”kata H Bustami.

Selaras dengan tema yang diangkat pada hari ini "capacity building merupakan strategi untuk meningkatkan efektifitas dalam rangka peningkatan kapasitas organisasi perempuan tahun 2019", tema tersebut sesuai dengan perkembangan organisasi saat ini, karena kemajuan suatu organisasi tergantung pada motivasi dan inovasi anggota organisasi itu sendiri.

Jika motivasinya baik, tentu organisasinya akan baik. disamping itu dalam menjalankan organisasi tersebut harus diniatkan karena ibadah dan karena pengabdian, bukan karena orientasi yang lainnya.

Kemudian lanjut H Bustami lagi, dalam struktur organisasi, setiap anggota DWP harus mengetahui tugas pokok, fungsi serta wewenangnya. Masing-masing anggota tidak perlu merasa tidak dihargai karena tidak ditampilkan.

“Karena organisasi itu ibarat sebatang pohon. Jika berada pada posisi batang, maka jadilah batang yang kokoh. jika di posisi cabang, maka jadilah cabang yang mampu menggandeng setiap ranting dan daun. seandainya sebagai daun, maka jadilah daun yang rimbun sebagai tempat bernaung.  jika menjadi buah, maka jadilah buah yang manis supaya nama baik pohon terjaga,  dan seandainya menjadi bunga, maka jadilah bunga yang merekah indah supaya pohon terhiasi dan dikenal orang. bahkan jikalau menjadi akar yang tak terlihat, maka jadilah akar yang kuat mencengkram ke tanah demi tegaknya seluruh struktur pohon,”ungkap H Bustami.

Oleh karena itu, tambah H Bustami hendaknya semua anggota organisasi DWP dapat menanamkan rasa tanggungjawabnya, tidak saling iri terhadap satu sama lain. sebagaimana akar, walaupun tak terlihat dan tertimbun tanah, namun dirinya tak pernah iri untuk menjadi bunga yang merekah yang ada di atas dan dikenal banyak orang, karena akar tahu bahwa bunga pun beresiko untuk dipetik orang tanpa tujuan.

“Diharapkan DWP Kabupaten Bengkalis menjadi teamwork yang tangguh dan kompak serta  dapat menyelesaikan kerja dengan baik pula demi mewujudkan visi dan misi kabupaten Bengkalis yaitu terwujudnya Kabupaten Bengkalis  sebagai model negeri maju dan makmur di Indonesia,”tutup H Bustami.


Berita Lainnya

Tulis Komentar