Minggu, 03 Maret 2019 - 16:36:16 WIB - Dibaca : 116 Kali

Bupati Bengkalis Minta Dokter Kuasai Teknologi

Editor: Tim Humas - Rep: Muzani - Foto: Zahirman Agus

HUMAS, BENGKALIS- Kondisi politik, demografi, teknologi, ekonomi, pelayanan kesehatan, epidemiologi penyakit dan pendidikan di dunia saat ini telah mengalami perubahan.

"Jumlah penduduk terus bertambah, ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran terus berkembang pesat. Pola penyakit yang dahulu banyak didominasi penyakit akut kini bergeser kepada penyakit kronis," demikian disampaikan  Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris  Dinas Kesehatan  Heri Pratikno pada Acara  Pembukaan Pertemuan Ilmiah Berkala II (PIB II) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Bengkalis, yang di taja IDI cabang Bengkalis  bertempat di Hotel Marina, Minggu (3/3/2019).

Masih kata Heri, privatisasi pusat pelayanan kesehatan terus meningkat, diiringi peningkatan biaya pelayanan kesehatan. Penyakit-penyakit jenis baru bermunculan sementara penyebaran dokter dan tenaga kesehatan lain tidak merata dan akses mendapatkan pelayanan kesehatan semakin terbatas khususnya bagi masyarakat miskin.

"Kesadaran pasien semakin meningkat akibat arus informasi terbuka, kebutuhan multiprofessional team meningkat dan beban kerja dokter bertambah dengan adanya tugas penelitian dan pendidikan," ujanya.

Untuk itu, lanjut Heri,  dokter dituntut memahami dan mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan, penelitian dan pedidikan.

"Karena pada zaman sekarang ini, kemajuan dibidang  teknologi telah berkembang dengan pesat, mau tidak mau, kita harus belajar, dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan saat ini, khususnya pada bidang kesehatan itu sendiri," tuturnya.

Hadir Pada acara tersebut,  Ketua Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten  Bengkalis,  dr. Rinaldi Syahputra, Kepala UPT  Puskesmas se-Kabupaten Bengkalis.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar