Rabu, 06 Maret 2019 - 12:43:50 WIB - Dibaca : 303 Kali

Dispersip Gagas Penyusunan Buku Ensiklopedia Nusantara Kabupaten Bengkalis

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Dessy Mertalina - Foto: Hj. Astina Liza S dan Sifawati
Teks foto: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis H. Suwarto mengadakan rapat persiapan pembentukan tim penerbitan buku Ensiklopedia Nusantara Kabupaten Bengkalis, Rabu (6/3) pagi

BENGKALIS, HUMAS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis mengadakan rapat persiapan pembentukan tim penerbitan buku Ensiklopedia Nusantara Kabupaten Bengkalis, Rabu (6/3) pagi, di ruang rapat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis.

Rapat diawali dengan sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis H. Suwarto didampingi Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca Hj. Yana Susilayeni. Suwarto mengatakan bahwa rapat ini dilaksanakan dalam upaya untuk menghimpun saran, gagasan dan ide dalam penyusunan kerangka buku Ensiklopedia Nusantara Kabupaten Bengkalis.

“Nantinya dalam buku ensiklopedia tersebut memuat tentang berbagai aspek mulai dari perkembangan daerah di setiap kecamatan, budaya, seni, kuliner dan sejarah. Saat ini baru ada ensiklopedia budaya yang ada di Kabupaten Bengkalis, untuk itu ensiklopedia nusantara lebih luas cakupannya namun dibungkus dalam format yang simple dengan lebih menonjolkan gambar sehingga menarik untuk dibaca”, kata Suwarto.

Dalam kesempatan itu H. Sofyan Said selaku ketua Dewan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (DPH-LAMR) Bengkalis menyambut baik wacana penyusunan buku Ensiklopedia Nusantara ini karena nantinya dapat menjadi warisan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus. LAM-R Bengkalis mendukung upaya menjaga khazanah kemelayuan di Kabupaten Bengkalis dengan memberikan data yang diperlukan dalam penyusunan buku tersebut.

Dikesempatan yang sama, Reza Pahlevi, penulis yang juga Mantan Wakil Bupati Bengkalis tersebut memberi masukan terkait batasan yang akan menjadi acuan dalam penyusunan ensiklopedia nusantara Kabupaten Bengkalis sehingga semua informasi dapat terangkum dengan jelas, padat dan menarik untuk dibaca.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis yang diwakili Sekretaris Adi Sutrisno mengatakan bahwa Diskominfotik mengapresiasi dan mendukung penyusunan buku Ensiklopedia Nusantara yang merangkum informasi tentang Kabupaten Bengkalis secara menyeluruh. Adi menyarankan  buku tersebut dapat dibuatkan dalam bentuk format pdf sehingga dapat dimasukkan dalam website maupun e-book.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bagian  Humas Sekretariat Daerah Bengkalis, yang diwakili Kasubbag Pengelolaan informasi dan Naskah Yeni Mayasari yang siap membantu penyusunan buku dengan memberikan data berupa gambar yang ada di Bagian Humas sehingga buku ensiklopedia tersebut lebih berwarna dan menarik. Yeni berharap wacana penyusunan ensiklopedia nusantara tentang Kabupaten Bengkalis dapat terealisasi dengan baik hingga terbit menjadi buku, yang nantinya dapat di akses oleh siapapun dan menjadi salah satu daya tarik untuk berkunjung ke Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan.


Berita Lainnya

Tulis Komentar