Selasa, 04 Juni 2019 - 22:58:22 WIB - Dibaca : 361 Kali

Masjid dan Mushala Meriahkan Pawai Takbir

Sekda Lepas Pawai Takbir di Kota Bengkalis

Editor: Tim Humas - Rep: Tim Humas - Foto: Tim Humas
Teks foto: H. Bustami HY Saat Membacakan Sambutan Pelepasan Pawai Takbir Idul Fitri 1440 H/2019 M, di Jalan Jenderal Ahmad Yani (Lapangan Tugu), Selasa (04/06/2019)
BENGKALIS, HUMAS – Untuk merayakan Hari Kemenangan 1 Syawal 1440 Hijriyah, umat Islam di Kota Bengkalis dan sekitarnya menggelar pawai takbir Idul Fitri 1440 H/2019 M. Kegiatan religi ini, diikut berbagai kalangan, baik muda dan tua yang merupakan utusan dari pengurus Masjid dan Mushola dari berbagai Desa/Kelurahan di Kecamatan Bengkalis.        
    
Pawai takbir Idul Fitri dilepas langsung oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis, H. Bustami HY, Selasa malam (04/06/2019) pukul 20.30 Wib.
Pelepasan pawai takbir ditandai dengan pemukulan beduk oleh Sekretaris Daerah didampingi Wakil Ketua DPRD H. Indra Gunawan dan Kapolres yang diwakili Wakapolres Kompol Kurnia Setyawan.
 
Pelepasan pawai dimulai dari Jalan Jenderal Ahmad Yani (Lapangan Tugu) menuju Jalan Sudirman (depan air mancur) kemudian arah jalan Hos Cokroaminoto dan Jalan Hangtuah, selanjutnya mengarah jalan Patimura dan finish kembali ke Jalan Ahmad Yani.
 
Hadir dalam pelepasan pawai takbir tersebut, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Danramil 01/Bengkalis Mayor ARM. Bismi Tambunan, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan, Ketua MKA H. Zainuddin Yusuf dan Sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.
   
Berdasarkan pantauan di lapangan, ada 19 masjid dan 16 mushalla ambil bagian dalam pawai takbir tersebut sembari menampilkan miniatur rumah ibadah, ka'bah dan lainnya diiringi gema takbir, tahmid dah tahlil sehingga membuat sejumlah jalan di kota Bengkalis sedikit macet.
 
Berada diurutan pertama peserta pawai takbir yakni dari Masjid Raya Istiqomah Bengkalis.
 
Sementara itu, warga berbondong-bondong datang ke Lapangan Tugu maupun duduk-duduk di pinggir jalan pada setiap rute yang dilalu peserta pawai, mereka ingin melihat dari dekat kemeriahan pawai takbir Idul Fitri yang dilaksanakan satu kali dalam setahun ini.        
Sementara itu, Bustami dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis yang dibacakannya, mengatakan bahwa pelaksanaan pawai takbiran Idul Fitri 1440 Hijriyah merupakan salah satu upaya kita bersama dalam mensyi’arkan nilai-nilai Islam di Negeri Junjungan ini. Melalui pelaksanaan pawai takbir ini juga hendaknya, akan mampu menumbuhkan nilai-nilai keimanan, ukhuwah islamiyah dan mensyiarkan agama Islam yang rahmatan lil’alamin serta mempererat silaturrahmi yang diimplementasikan dengan menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan, seraya mengumandang dan menggemakan takbir, tahlil dan tahmid.
 
“Mari kita laksanakan takbiran ini dengan penuh semangat untuk mensyiarkan islam dan dengan perasaan tulus ikhlas serta khusuk, terus mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid. Semata–mata mengharapkan ridho Allah SWT”, harapnya. 
 
Peserta diminta agar menjaga keamanan dan ketertiban agar pawai takbir ini berlangsung lancar dan aman, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia, peserta pawai dan segenap masyarakat yang hadir pada malam ini", pungkasnya.

Berita Lainnya

Tulis Komentar