Kamis, 20 Juni 2019 - 8:03:09 WIB - Dibaca : 402 Kali

Disparbudpora Bengkalis Gelar Pelatihan Manajemen Bagi Pemilik dan Pengelola Homestay, Pondok Wisata dan Rumah Wisata di Kecamatan Rupat dan Rupat Utara

Pemerintah Daerah Komit Bangun Kepariwisataan untuk Kesejahteraan Masyarakat

Editor: Nurhadi - Rep: Yudi Hendra - Foto: Yudi Hendra

RUPAT UTARA, HUMAS - Dinas Kebudaaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis melaksanakan pelatihan Manajemen bagi pemilik dan pengelola Homestay, Pondok Wisata dan Rumah Wisata yang berada di Kecamatan Rupat dan Rupat Utara, bertempat di Aula Medang Perkasa Kantor Camat Rupat Utara, Rabu (19/6/2019).

 

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 18 s/d 21 Juni 2019 telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudaaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis Anharizal dan diikuti sebanyak 40 peserta.  

 

Dalam sambutannya Anharizal menyampaikan bahwa sektor Pariwisata saat ini sangat penting dalam upaya pembangunan perekonomian dikalangan masyarakat. Dan ini merupakan sebuah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwa  negeri kita dikaruniai kekayaan dan keanekaragaman sumber daya dalam, budaya, dan kesenian yang membentang dihamparan pulau besar dan kecil di seluruh nusantara.

 

Lebih lanjut menurut Anharizal, kekayaan ini merupakan potensi yang telah membuka peluang bagi daerah untuk mensejahterakan rakyat di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis.

 

"Kemajuan pariwisata sangat penting bagi suatu daerah demi untuk menggerakkan roda perekonomian di masyarakat lokal, serta berdampak langsung bagi tingkat kesejahteraan sekaligus mampu mendorong pertumbuhan pembangunan dan pengembangan wilayah," Ungkap Anharizal.

 

Sambung beliau lagi, diiharapkan dengan adanya pengembangan potensi pariwisata tersebut nantinya Kabupaten Bengkalis bisa menjadi menjadi daerah tujuan wisata terkemuka bukan saja di provinsi riau, bahkan diwilayah pesisir pantai sumatera bahkan sampai pada tingkat nasional maupun internasional.

 

"Sengaja kita melaksanakan kegiatan seperti ini sebagai bentuk usaha dan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis untuk terus mendukung serta mengembangkan peningkatan kepariwisataan di Kabupaten Bengkalis," tuturnya.

 

"Salah satu sisi yang bisa diolah di tengah masyarakat terkait dengan kepariwisataan saat ini adalah homestay, sebagai sebuah kebutuhan melekat di dunia pariwisata, yaitu tempat persinggahan atau penginapan yang diolah maupun disewakan oleh masyarakat, hal tersebut dipandang dari sdut peluang bisnisnya, namun dari sisi potensi pariwisata maka harus memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan kententuan perundang undangan yang berlaku di Kabupaten Bengkalis,"Ujar Anharizal.

 

Menurut Anharial, tak kalah pentingnya kepada pengelola home stay, pondok wisata,dan  rumah wisata di tuntut untuk senantiasa memiliki kualifikasi pengetahuan kepariwisataan yang luas dan penguasaan bahasa Ujarnya.

 

Adapun yang menjadi nara sumber pada pelatihan tersebut nantinya adalah Risna Yanti, A.Md. Par, S.Sos, M.Par yang berasal dari Sekolah Tinggi Pariwisata Riau.

 

Tampak hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut yakni Sekretaris Camat Rupat Utara, Khairunnazri, Sekretaris Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Nurminsyah, Tokoh Masyarakat. Tokoh Adat, peserta dan Undangan lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar