Rabu, 24 Juli 2019 - 13:08:21 WIB - Dibaca : 328 Kali

Ungkap Sejarah Bengkalis, Pemkab Gelar Sarasehan

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Maryam - Foto: Wildan Taufiq dan Doni Afzan

BENGKALIS, HUMAS - Bupati Bengkalis yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan menghadiri kegiatan sarasehan (bincang-bincang) sejarah Kabupaten Bengkalis sempena Hari Jadi ke -507 Bengkalis Tahun 2019, Rabu (24/7/2019) di Gedung Cik Puan Bengkalis.

Acara dimulai pada pukul 09.00 Wib dengan menghadirkan narasumber H. Syamsurizal, H. Riza Pahlevi dan H. Muhammad Isa Selamat.

Dalam sambutan Bupati Bengkalis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan mengatakan hampir dua dekade sejak Tahun 2005 pertama sekali momen hari jadi Bengkalis dilaksanakan hingga saat ini masih menyimpan tanda tanya, pro dan kontra dikalangan masyarakat Bengkalis.

“Kami masih melihat minimnya respon dan antusiasme masyarakat pada perhelatan hari jadi Bengkalis yang kita peringati setiap tahunnya, bahkan ada yang menganggap kegiatan ini sebuah kegiatan yang tidak memiliki makna, kurang bermanfaat dan suatu kegiatan yang sia-sia belaka”, kata Haholongan.

Untuk itu, menyikapi pro dan kontra terhadap peringatan Hari Jadi Bengkalis ini perlu adanya upaya memberikan informasi dan edukasi yang tepat dan akurat dengan dukungan data dan fakta sejarah dari narasumber yang berkompeten.

Hal senada juga dikatakan Ketua LAMR Kabupaten Bengkalis Zainuddin Yusuf yang mengatakan bahwa penetapan Hari Jadi Bengkalis sesungguhnya memiliki makna yang mendalam, bentuk sikap yang bijak yang tidak melupakan sejarah mengenang budi kepada orang-orang terdahulu yang telah berjasa menjaga marwah, dan keberadaan Negeri tempat tumpah darah.

“Rangkaian peristiwa sejarah tersebut menjadi titik tolak pada pemangku negeri ini melakukan upaya membangkitkan semangat masyarakat Bengkalis menghargai peristiwa silam”, kata Zainuddin.

Tampak Hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Indra Gunawan Eet, Rektor STAIN Bengkalis Syamsul Nizar, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H. Amrizal, Budayawan Riau Syaukani Al-Karim, Ketua Akademi Komunitas Negeri Bengkalis Alfansuri, Pasiter Dim 0303 Bengkalis Kapten Inf Isnanu, Kasubbag Bin Ops Polres Bengkalis Kompol Slamet Suryadi, Kepala Imigrasi Kabupaten Bengkalis Toto, dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar