Jumat, 26 Juli 2019 - 21:39:17 WIB - Dibaca : 228 Kali

FKUB Taja Seminar Temu Tokoh Lintas Agama

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Beby Candra - Foto: Pandi Ahmad
Teks foto: Foto bersama usai pembukaan Seminar Temu Tokoh Lintas Agama se-Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS, HUMAS - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bengkalis melaksanakan kegiatan Temu Tokoh Lintas Agama. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 26-28 Juli 2019 bertempat di Wisma Kito Bengkalis Jl. Hangtuah, dengan mengangkat tema " Melestarikan Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama di Kabupaten Bengkalis".

Acara yang dibuka Jumat (26/7/3019) malam tersebut, dihadiri Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Indra Gunawan. Turut hadir Ketua FKUB Provinsi Riau Saifun Najar, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Agus Saputra, Ketua FKUB Kabupaten Bengkalis H. M. Nur Nawawi dan Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal.

 

Bupati Bengkalis dalam sambutannya yang dibacakan Indra Gunawan mengatakan persoalan kehidupan beragama dan bermasyarakat, dewasa ini telah mengalami dinamika yang cukup menyita perhatian kita. Berbagai wilayah di tanah air, marak terjadi benturan dan konflik. terkait dengan hal tersebut, kita harapkan bersama jangan sampai terjadi di daerah kita karena bukan tidak mungkin persoalan perbedaan pilihan politik, perbedaan keyakinan, perbedaan komunitas akan menjadi pemicu munculnya anarkisme dan konflik di tengah-tengah masyarakat.

"Mari terus kita jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran negatif, perilaku dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari kita buang jauh-jauh sifat saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antar sesama anak negeri", pinta Indra Gunawan.

Lebih lanjut Indra mengajak kepada seluruh elemen masyarakat baik dari tokoh agama, tokoh masyarakat bersama Pemerintah untuk menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan yakni Bhinneka Tunggal Ika.

"Mari kita jaga kebersamaan yang terbina baik ini, semoga kedepannya kerukunan umat beragama tetap utuh selamanya", himbau Indra Gunawan.

Kemudian dalam laporan ketua panitia Ahmad Toha mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan jalinan komunikasi, interaksi, harmonisasi dan sinergi antar tokoh lintas agama di Kabupaten Bengkalis dalam menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis", kata Toha diakhir laporannya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar