FLASHNEWS

Bagian Hubungan Masyarakat

PERATURAN BUPATI BENGKALIS

NOMOR 34 TAHUN 2016

TENTANG

KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, ESELONERING, TUGAS, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS SERTA TATA KERJA PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BENGKALIS

Paragraf 4

BAGIAN HUMAS

Pasal 52

Bagian Hubungan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan dan pembinaan dan koordinasi hubungan kemasyaraktan dalam rangka menunjang kebijakan pimpinan daerah dalam penyelenggraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Bagian Hubungan Masyarakat dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelengarakan fungsi:

  1. Penyusunan bahan perumusan kebijakan umum pemerintah daerah dibidang peliputan, dokumentasi, kehumasan dan pengelolaan informasi dan naskah;
  2. Penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dalam pelakasanaan peliputan, dokumentasi, kehumasan dan pengelolaan informasi dan naskah;
  3. Penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan dalam pelaksanaan hubungan masyarakat;
  4. Penyusunan rencana perogram dan rencana kerja anggaran dibidang
  5. Pelaksanaan kegiatan peliputan dan dokumentasi;
  6. Pelaksanaan program kehumasan dengan masyarakat umum organisasi social kemasyarakatan;
  7. Pelaksanaan pengelolaan informasi dan naskah dalam rangka menunjang kegiatan Kepala Daerah;
  8. Pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pengembangan kemitraan dengan media massa dalam rangka menunjang kegiatan Kepala Daerah;                                            
  9. Melakukan pembinaan program kehumasan; dan
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Susunan Organisasi Hubungan Masyarakat,terdiri dari :

  1. Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi;
  2. Sub Bagian Kehumasan; dan
  3. Sub Bagian Pengelolaan Informasi dan Naskah

 

Pasal 53

Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi  mempunyai tugas melakukan peliputan dan dokumentasi kegiatan/kebijakan Kepala Daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Uraian Tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut:

  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi dengan sumber data yang ada, sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan peliputan dan dokumentasi;
  3. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan peliputan dan dokumentasi;
  4. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;
  5. Mengonsep surat dan naskah dinas  lainnya yang berkaitan dengan tugas Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi sesuai data dan ketentuan yang berlaku untuk diajukan kepada Kepala Bagian Hubungan Masyarakat;
  6. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis tentang Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi;
  7. Melakukan pembinaan teknis peliputan dan dokumentasi;
  8. Menyiapkan bahan pelaksanaan dan pengelolaan dokumentasi kegiatan dan peliputan;
  9. Menyiapkan bahan pelayanan administratif, penyajian data dan informasi yang berkaitan dengan peliputan dan dokumentasi;
  10. Merencanakan dan mengkoordinasikan peliputan sebagai bahan penyiaran berita-berita/foto dan audio visual;
  11. Membuat konsep pengolahan dan analisa kasus-kasus yang terjadi  di daerah yang dimuat di media massa cetak maupun elektronik sebagai bahan masukan kepada Bupati Bengkalis untuk ditindak lanjuti;
  12. Melakukan hubungan koordinasi dengan komponen-komponen dilingkungan departemen dan media massa masyarakat   untuk memperoleh masukan dalam proses peliputan dan dokumentasi;
  13. Melakukan peliputan kegiatan pimpinan menggunakan video kamera, tape recorder dan fotografi sebagai bahan dokumentasi dan atau pemberitaan media  massa;
  14. Menyiapkan bahan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian dibidang peliputan dan dokumentasi;
  15. Memberikan saran pertimbangan kepada kepala Bagian Hubungan Masyarakat tentang langkah-langkah atau tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya;
  16. Membuat laporan kegiatan Sub Bagian Peliputan dan Dokumentasi sesuai dengan sumber data yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat baik secara tulisan maupun lisan sesuai bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bagian Hubungan Masyarakat;

 

Pasal 54

Sub Bagian Kehumasan  mempunyai tugas melakukan  Kehumasan, penyusunan rangkuman informasi dari Kepala Daerah dan masyarakat dan penyiapan bahan publikasi, kegiatan pers, penyiapan materi pemberitaan kegiatan Kepala Daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Uraian Tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut:

  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengolahan Informasi dan Naskah dengan sumber data yang ada, sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan  Kehumasan;
  3. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan  dengan  Kehumasan;
  4. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Kehumasan serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;
  5. Mengonsep surat dan naskah dinas  lainnya yang berkaitan dengan tugas Sub Bagian Kehumasan sesuai data dan ketentuan yang berlaku untuk diajukan kepada Kepala Bagian Hubungan Masyarakat;
  6. Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis yang berkaitan dengan kehumasan;
  7. Menyiarkan press release menurut petunjuk pelaksanaan tugas berdasarkan data peliputan acara, jumpa pers, keterangan pers, pers tour sesuai kebutuhan dan petunjuk Kepala Bagian Hubungan Masyarakat;
  8. Mencari dan mengolah bahan keterangan pers menjadi berita dan mengkoordinasikan pelaksanaan pembuatan dan pengiriman siaran pers dan foto berita;
  9. Menyiapkan bahan pelaksanaan komperensi pers dan memfasilitasi pertemuan Kepala Daerah dengan pers dalam rangka penyebaran dan atau klarifikasi informasi/berita;
  10. Menyiapkan bahan pelaksanaan analisa media massa, berita dan opini publik;
  11. Menyiapkan bahan koordinasi dan fasilitasi pengembangan kemitraan media massa;
  12. Menyiapkan bahan pelaksanaan media centre;
  13. Menyiapkan bahan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian dibidang  kehumasan;
  14. Memberikan saran pertimbangan kepada Kepala Bagian Hunungan Masyarakat tentang langkah-langkah atau tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya;
  15. Membuat laporan kegiatan Sub Bagian  Kehumasan sesuai dengan sumber   data  yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi  atasan; dan
  16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat baik secara tulisan maupun lisan sesuai bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bagian Hubungan Masyarakat.

 

Pasal 55

Sub Bagian Pengelolaan Informasi dan Naskah mempunyai tugas melakukan pengelolaan informasi dan naskah sambutan/pidato Bupati serta melakukan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan dilingkungan Setda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Uraian Tugas tersebut pada ayat (1) sebagai berikut:

  1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengelolaan Informasi dan Naskah dengan sumber data yang ada, sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan;
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pengelolaan informasi dan naskah;
  3. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan pengelolaan informasi dan naskah;               
  4. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tugas Sub Bagian Pengelolaan Informasi dan Naskah serta menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;
  5. Mengonsep surat dan naskah dinas  lainnya yang berkaitan dengan tugas Sub Bagian Pengelolaan Informasi dan Naskah sesuai data dan ketentuan yang berlaku untuk diajukan kepada Kepala Bagian Hubungan Masyarakat;
  6. Mengumpulkan, manganalisis informasi/opini masya rakat dan lembaga serta menyampaikan kepada pimpinan sebagai bahan kebijakan;
  7. Menerima keluhan masyarakat  dan  meneruskannya kepada Kepala Daerah serta menyusun dan memberikan tanggapan terhadap keluhan masyarakat;
  8. Mengelola komunikasi dan informasi internal dilingkungan Sekretariat Daerah;
  9. Membuat konsep pengolahan dan analisis pemberitaan tentang Kepala Daerah yang dimuat dimedia massa sebagai bahan masukan kepada Kepala Daerah untuk ditindaklanjuti;
  10. Menyiapkan bahan pelayanan administratif, penyajian data dan informasi dibidang pengelolaan informasi dan naskah;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan naskah sambutan/ pidato Kepala Daerah;
  12. Menyiapkan bahan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian dibidang pengelolaan informasi dan naskah;
  13. Memberikan saran pertimbangan kepada Kepala Bagian Hubungan Masyarakat tentang langkah-langkah atau tindakan yang perlu diambil dibidang tugasnya;
  14. Membuat laporan kegiatan Sub Bagian Pengelolaan Informasi dan Naskah sesuai dengan sumber  data   yang  ada  berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat baik secara tulisan maupun lisan sesuai bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bagian Hubungan Masyarakat.